ARTICLE
CERDAS SERBA BISA

UPGRADE wawasan Moms seputar tumbuh kembang Si kecil supaya menjadi
ANAK CERDAS SERBA BISA.

Tak Terduga Manfaat Makan Malam Lebih Awal Untuk Si Kecil

Tak Terduga Manfaat Makan Malam Lebih Awal Untuk Si Kecil

Moms, jam berapa jadwal makan malam si Kecil? Menurut ahli, idealnya makan malam dilakukan sekitar tiga jam atau lebih sebelum waktu tidur. Jika makan malam pada jam 7 malam, misalnya, usahakan menunggu untuk tidur hingga jam 10 malam. Hal ini untuk memberi waktu sistem pencernaan untuk memproses makanan dengan baik.

Karena itulah makan malam lebih awal disarankan untuk si Kecil. Contoh, si kecil yang harus tidur jam 9 malam, sebaiknya makan malam jam 6 sore. Banyak manfaat yang akan didapat si kecil dengan makan malam lebih awal, berikut di antaranya:

Lebih relaks
si kecil biasanya akan kelelahan di penghujung hari setelah menjalani hari sekolah yang sibuk. Dengan makan malam lebih awal, mereka masih punya banyak waktu untuk bermain atau melakukan aktivitas lainnya sehingga mereka bisa lebih relaks. Agar anak makan malam dengan lahap, hindari memberi camilan dalam porsi besar sebelumnya.

Tingkatkan kualitas tidur
Salah satu hal terbaik untuk kesehatan mental dan fisik si kecil adalah mendapatkan tidur malam yang nyenyak secara konsisten. Saat anak makan malam terlalu larut, mereka akan berbaring dengan perut penuh. Kondisi ini bisa menyebabkan naiknya asam lambung, mulas, sakit perut, kembung, sehingga dapat memengaruhi kualitas tidur. Makan malam lebih awal akan membuat makanan dapat dicerna dengan baik dan membuatnya tidur lebih nyenyak.

Memperbaiki pencernaan dan mengurangi sembelit
Makan malam lebih awal meningkatkan pencernaan dan dapat mengurangi sembelit. Tubuh kita bertindak menurut ritme. Saat kita menetapkan rutinitas, seperti makan malam lebih awal, tubuh akan mengetahui kapan makanan akan datang dan melakukan persiapan yang diperlukan dan pada akhirnya bisa membantu mengatur dan memperlancar buang air besar.

Nafsu makan pagi yang lebih baik
Jika si kecil makan malam lebih awal, dia akan memiliki nafsu makan yang lebih baik di pagi hari. Anak yang lapar biasanya tidak akan terlalu pilih-pilih makanan sehingga kesempatan baik untuk Moms menyajikan banyak makanan sehat, seperti buah dan sayur.

Mengurangi risiko mengompol
Untuk anak-anak balita, makan malam lebih awal dapat mengurangi risiko mereka mengompol. Ketika anak selesai makan malam, mereka akan memiliki banyak kesempatan untuk pergi ke kamar mandi sebelum tidur.

Tertarik mencoba makan malam lebih awal, Moms?

Sumber:
https://sleepopolis.com
www.washingtonpost.com