ARTICLE
CERDAS SERBA BISA

UPGRADE wawasan Moms seputar tumbuh kembang Si kecil supaya menjadi
ANAK CERDAS SERBA BISA.

Generasi Alfa Harus Aktif agar Lebih Cerdas

Generasi Alfa Harus Aktif agar Lebih Cerdas

Gerakan-gerakan, seperti berlari, melompat, merangkak, dan memanjat, yang secara alami dilakukan Generasi Alfa saat bermain, ternyata tidak hanya memperkuat otot dari ujung kepala hingga ujung kaki, namun juga membantu perkembangan otak dengan memperbanyak koneksi saraf yang diperlukan untuk belajar. Inilah sebabnya Generasi Alfa harus aktif sehingga bisa lebih cerdas.

Menurut Active Living Research, ketika anak-anak lebih banyak melakukan aktivitas fisik, mereka kemungkinan menerima nilai A dalam bahasa Inggris atau matematika 20% lebih besar. Penelitian lain di Australia juga mengungkap bahwa satu kali olahraga, seperti berjalan kaki selama 20 menit, dapat meningkatkan kemampuan anak untuk berkonsentrasi dan mengerjakan ujian akademik pada hari itu. Masih banyak lagi manfaat positif lainnya dari anak-anak yang aktif. Berikut di antaranya:

Lebih berprestasi
Seperti yang diulas sebelumnya, pencapaian akademis dan tingkat konsentrasi dipengaruhi secara positif oleh aktivitas fisik. Generasi Alfa yang lebih aktif juga lebih kecil berisiko mengalami masalah mental karena dengan bermain mereka dapat mengekspresikan emosi dan mengeluarkan berbagai beban pikiran.

Lebih kreatif
Gerakan penuh semangat saat bermain memungkinkan anak-anak menjadi lebih kreatif dan menjadi pemecah masalah yang lebih baik. Saat bermain aktif, tubuh melepas zat kimia yang disebut dengan Brain derived neurotrophic factor (BDNF). BDNF merupakan faktor yang berpengaruh dalam fungsi kognitif, termasuk pembentukan memori dan proses pembelajaran anak.

Mengembangkan motorik
Gerakan-gerakan, seperti memanjat dan bergelantungan yang sering dilakukan anak-anak di monkey bar, misalnya, mengembangkan kekuatan pada tangan yang diperlukan untuk keterampilan motorik.

Mendapat vitamin D
Bermain aktif yang dilakukan di luar rumah membuat Generasi Alfa terpapar vitamin D dari sinar matahari yang dapat membantu membangun sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat.

Keterampilan sosial lebih baik
Anak-anak yang aktif mempunyai tambahan manfaat sosial, terlebih saat dia bermain bersama teman-temannya, seperti memiliki keterampilan komunikasi yang lebih baik, mampu bekerja sama dalam tim, dan memiliki sportivitas yang lebih tinggi.

Moms, siap mengajak Generasi Alfa untuk lebih aktif?

Sumber:
www.livinghealthclinic.com.au
https://achieveperformance.training