ARTICLE
CERDAS SERBA BISA

UPGRADE wawasan Moms seputar tumbuh kembang Si kecil supaya menjadi
ANAK CERDAS SERBA BISA.

Tips Parenting Bijak untuk Generasi Unggul, Cerdas Serba Bisa

Tips Parenting Bijak untuk Generasi Unggul, Cerdas Serba Bisa

Mengasuh si kecil di bawah bayang-bayang media sosial membawa tantangan unik bagi Moms dan Dads. Dengan platform jejaring sosial, anak-anak dapat memiliki berbagai informasi yang memengaruhi ide dan pendapat generasi ini. Pengaruh konten-konten di media sosial terkadang juga membuat si Kecil jadi terlalu menuntut. Karena itulah, Moms dan Dads perlu memastikan memenuhi kebutuhan anak, bukan tuntutan mereka. Berikut beberapa tips parenting si kecil:

Belajar bersama si Kecil
Dalam hal teknologi, keterampilan orang tua tidak bisa menyaingi si kecil, namun Moms dan Dads bisa belajar bersama mereka. Jadikan screen time anak menjadi waktu keluarga. Duduklah bersama anak saat mereka menggunakan aplikasi dan minta mereka menunjukkan fitur-fitur terbaru, sesekali ajak si Kecil bermain game on line bersama.

Beri anak keterampilan untuk masa depan
Dunia karier kelak akan semakin menuntut keterampilan digital. Untuk mengasah keterampilan si kecil, manfaatkan teknologi. Banyak aplikasi yang menyediakan permainan interaktif di bidang-bidang penting dalam dunia karier masa depan, seperti matematika, sains, teknologi, engineering, dan sebagainya.

Tingkatkan keterampilan bahasa
Membekali si kecil dengan keterampilan bahasa kedua adalah investasi berharga di masa depan karena dunia kelak akan semakin saling terhubung. si kecil berada pada usia tepat belajar bahasa karena kemampuan menguasai bahasa memuncak sebelum usia 6 atau 7 tahun.

Waktu bebas teknologi
Meskipun teknologi akan menjadi pusat kehidupan bagi si kecil, namun tetap penting untuk mendorong minat anak pada berbagai kegiatan yang bebas teknologi. Ajak si Kecil bermain di luar ruangan dan bertemu dengan anak-anak lain demi mengasah keterampilan bersosialisasi mereka.

Aktivitas fisik
Aktivitas fisik, seperti berolahraga, juga harus menjadi fokus orang tua. Ingatkan juga anak untuk banyak berjalan setiap 30 hingga 40 menit duduk. Beraktivitas fisik akan memaksimalkan perkembangan fisik dan kognitif si kecil untuk sekarang dan di masa depan.

Bangun pola makan sehat
Ada hubungan kuat antara apa yang kita makan, kesehatan usus, dan sistem kekebalan tubuh. Karena itulah, dengan membangun pola makan anak yang sehat, juga berarti membangun sistem kekebalan tubuh anak menjadi lebih kuat. Pola makan sehat adalah pola makan yang beragam dan bergizi seimbang, salah satunya kaya akan prebiotik. Prebiotik merupakan serat yang merangsang pertumbuhan bakteri baik dalam usus. Untuk mendapatkan prebiotik, si Kecil bisa menikmati makanan, seperti gandum utuh, kacang polong, buncis, pisang serta susu yang diperkaya FOS dan Inulin yang merupakan prebiotik untuk mendukung sistem pencernaan sehat si Kecil.

Happy parenting!

Sumber:
https://lifestyle.inquirer.net
https://researchworld.com