ARTICLE
CERDAS SERBA BISA

UPGRADE wawasan Moms seputar tumbuh kembang Si kecil supaya menjadi
ANAK CERDAS SERBA BISA.

Si Kecil Sering Sembelit, Atasi dengan Susu ini

Si Kecil Sering Sembelit, Atasi dengan Susu ini

Sembelit pada anak merupakan masalah yang umum terjadi. Anak-anak yang mengalami sembelit akan jarang buang air besar (BAB) (biasanya kurang dari tiga kali dalam seminggu), pup keras dan susah dikeluarkan, serta anak merasakan nyeri saat BAB. Si Kecil juga umumnya takut BAB, bahkan berusaha menghindarinya. Berikut cara membantu membantu anak mengatasi sembelit:

Memijat perut anak
Memijat lembut perut si Kecil dan menggerakan kaki si Kecil saat ia berbaring, seperti mengayuh sepeda, biasanya dapat membantu mengurangi kembung saat anak sembelit sehingga si Kecil merasa lebih nyaman.

Tawarkan anak makanan berserat
Pola makan kaya serat dapat membantu tubuh membentuk feses yang lunak. Sajikan lebih banyak makanan berserat pada si Kecil, seperti sayuran, kacang-kacangan, serta sereal dan roti gandum utuh.

Perbanyak asupan cairan
Asupan cairan, selain akan menjaga tubuh anak tetap terhidrasi, juga akan memudahkan anak BAB. Untuk itu, pastikan anak cukup minum guna meningkatkan keteraturan buang air besarnya.

Berikan buah-buahan
Beberapa buah bisa menjadi obat pencahar alami yang membantu mengatasi sembelit pada anak-anak. Plum, apel, dan pir merupakan contoh pencahar alami. Buah-buahan ini mengandung gula yang disebut sorbitol, yang bisa menarik air ke dalam usus dan melunakkan tinja.

Ajak anak banyak bergerak
Banyak bergerak atau berolahraga juga dapat membantu mengatasi sembelit. Olahraga membantu pencernaan karena membantu gerakan normal usus untuk mendorong makanan saat dicerna. Mintalah anak untuk sering pergi bermain keluar daripada terus bermain dengan smartphone-nya sepanjang hari.

Beri susu yang mengandung prebiotik
Prebiotik adalah makanan yang dapat merangsang pertumbuhan bakteri sehat. Prebiotik banyak ditemukan pada buah dan sayuran, seperti pisang, apel, alpukat. kimchi, dan sebagainya. Namun saat ini ada susu yang sudah diperkaya dengan prebiotik dan memiliki kandungan FOS Inulin. FOS dan inulin adalah prebiotik yang mampu merangsang pertumbuhan Bifidobacteria, yang merupakan bakteri yang menguntungkan mikrobioma usus dan dapat mendukung sistem pencernaan yang lebih sehat, termasuk mencegah sembelit.

Sumber:
www.unitypoint.org
www.mayoclinic.org