ARTICLE
CERDAS SERBA BISA

UPGRADE wawasan Moms seputar tumbuh kembang Si kecil supaya menjadi
ANAK CERDAS SERBA BISA.

Olahraga Otak agar Anak Makin Cerdas

Olahraga Otak agar Anak Makin Cerdas

Tidak hanya jasmani yang perlu dijaga kesehatannya dengan berolahraga, namun juga otak. Olahraga otak dapat merangsang kedua sisi otak dan membantu anak menjadi pemikir yang lebih seimbang. Kegiatan ini selain menghibur, juga dapat mengasah ketajaman otak, meningkatkan kinerja kognitif dan perkembangan sosial anak. Dengan menggunakan kedua belahan otak saat bermain, anak dapat berpikir secara holistik dan menjadi pemecah masalah yang lebih baik. Berikut beberapa olahraga otak yang sangat mudah dilakukan di rumah:

Bertepuk tangan
Duduklah bersama si Kecil dan mulailah dengan bertepuk tangan sekali. Minta anak mengulangi apa yang Moms lakukan. Kemudian tambahkan gerakan lain. Contoh, bertepuk tangan dua kali dan melompat sekali. Minta si Kecil mengulangi, lalu terus tambahkan tepukan untuk merangsang konsentrasi si Kecil. Misalnya, bertepuk tangan dua kali, melompat sekali, berputar, dan kemudian duduk.

Drama cerita
Bacakan cerita favorit si Kecil. Begitu selesai, minta anak menceritakan kembali apa yang terjadi di awal, tengah, dan akhir cerita. Kemudian mintalah mereka untuk memerankan setiap bagian dari cerita itu. Permainan ini akan mengasah kemampuan mengingat anak. Selain itu, saat bermain peran, anak akan belajar cara berkomunikasi, empati, kesabaran, dan pengendalian diri.

Membuat peta
Ajak anak berjalan-jalan di sekitar lingkungan rumah dan tunjukkan suatu landmark penting, seperti patung, taman kota, dan lainnya. Setiba di rumah, gambarlah peta dari apa yang tadi dilihat dan warnai bersama. Setelah itu, mintalah anak untuk menggambar peta kamarnya. Permainan ini akan memperkuat konsentrasi dan fokus anak serta mengembangkan koordinasi tangan-mata yang lebih baik.

Tebak-tebakan
Pikirkan seekor tokoh terkenal, mainan, hewan atau lainnya. Berikan berbagai petunjuk kepada si Kecil tentang apa yang Moms pikirkan. Contoh, “Dia adalah superhero yang bisa terbang…” Setelah anak menjawab, biarkan ia bergantian yang memberikan petunjuk. Ini akan memperkaya kosa kata dan pengetahuan anak serta meningkatkan kemampuan anak untuk memerhatikan.

Nah, selamat bermain dengan si Kecil.

Sumber:
www.boredteachers.com
https://lakshyaschool.in