ARTICLE
CERDAS SERBA BISA

UPGRADE wawasan Moms seputar tumbuh kembang Si kecil supaya menjadi
ANAK CERDAS SERBA BISA.

Cara Manis ini Bisa Bangun Bonding dengan Si Kecil

Cara Manis ini Bisa Bangun Bonding dengan Si Kecil

Menjalin ikatan dengan si Kecil adalah bagian penting dari menjadi seorang ayah. Hubungan emosional yang kuat akan membangun kepercayaan antara Dads dan si Kecil. Salah satu cara terbaik untuk menjalin ikatan dengan si Kecil adalah dengan mengadakan waktu berduaan dengan mereka.

Rencanakan aktivitas yang Dads dan si Kecil sukai. Tanyakan pada si Kecil apa yang ingin mereka lakukan, bermain game, menari, atau jalan-jalan, misalnya. Terkesan sederhana, namun pertanyaan ini bisa membantu mereka merasa didengarkan dan dihargai. Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang menghabiskan waktu berkualitas bersama ayahnya memiliki harga diri yang lebih tinggi dan prestasi akademik yang lebih baik.

Masih ada beberapa cara manis yang dapat membantu Dads menjalin ikatan dengan si Kecil, berikut di antaranya:

Tunjukkan minat pada hobi mereka
Berikan perhatian pada apa yang disukai anak, apakah itu balet, menyanyi, bermain game, menonton film, dan sebagainya. Hal ini dapat membantu menjalin kereratan antara Dads dan si Kecil. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh National Fatherhood Initiative, Dads yang menaruh perhatian pada minat anak memiliki ikatan yang lebih kuat dengan mereka.

Terlibat dalam kegiatan sekolahnya
Terlibat dalam aktivitas sekolah si Kecil bisa menjadi alternatif untuk menjalin ikatan dengan si Kecil. Hadiri acara sekolahnya atau bantu si Kecil mengerjakan pekerjaan rumah. Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang ayahnya terlibat di sekolah memiliki nilai yang lebih baik.

Gunakan teknologi untuk tetap terhubung
Di era digital saat ini, teknologi dapat menjadi alat bagi Dads untuk tetap terhubung dengan si Kecil. Obrolan via video call, misalnya, bisa membantu Dads mengobrol dengan anak, bahkan ketika sedang di kantor. Sebuah survei yang dilakukan oleh Pew Research Center menemukan bahwa 64% Dads merasa bahwa teknologi memudahkan mereka untuk tetap berhubungan dengan anak-anak mereka.

Ciptakan Ritual Keluarga
Menciptakan ritual keluarga dapat membantu Dads membangun ikatan yang kuat dengan si Kecil. Ritual ini bisa berupa malam mingguan bareng atau tamasya bersama keluarga setiap akhir bulan, misalnya. Penelitian menunjukkan ritual keluarga dapat menciptakan rasa memiliki dan kebersamaan dan membantu anak merasa lebih secure.

Nah, selamat mencoba dan selamat Hari Ayah!

Sumber:
www.socialdad.ca