ARTICLE
CERDAS SERBA BISA

UPGRADE wawasan Moms seputar tumbuh kembang Si kecil supaya menjadi
ANAK CERDAS SERBA BISA.

Ajarkan 5 Kebiasaan Ini agar Anak Tidak Gampang Sakit

Ajarkan 5 Kebiasaan Ini agar Anak Tidak Gampang Sakit

Sistem kekebalan tubuh anak yang masih lemah membuat si Kecil lebih rentan terkena kuman dan membuat mereka jadi lebih sering sakit. Cara termudah menghindari penyakit adalah merawat tubuh saat kita sehat. Ajari anak beberapa kebiasaan di bawah ini agar daya tahan tubuhnya lebih kuat sehingga tidak gampang sakit:

Cuci tangan
Banyak kuman penyakit menyebar melalui sentuhan tangan. Ketika seorang anak yang sedang flu menyeka hidungnya kemudian menyentuh mainan, misalnya, ia bisa meninggalkan jejak kuman ke anak berikutnya yang memegang mainan tersebut. Karena itulah, cuci tangan perlu diajarkan terus pada anak sejak dini.

Hindari menyentuh wajah
Mulut dan mata adalah cara umum kuman masuk ke dalam tubuh. Si Kecil perlu diajarkan untuk tidak sering menyentuh wajahnya. Ini akan mengurangi risiko anak terinfeksi penyakit.

Minum air putih
Beri anak cukup minum air putih. Air membuat setiap sistem dalam tubuh berfungsi dengan baik. Air, misalnya, berfungsi membawa nutrisi dan oksigen ke sel-sel tubuh, membantu sistem pencernaan, mencegah sembelit, menormalkan tekanan darah, dan sebagainya.

Tidur
Menurut penelitian, anak- anak yang kurang tidur 3 kali lebih mungkin jatuh sakit. Tubuh melepaskan hormon selama tidur yang membantu pertumbuhan, membangun otot, memperbaiki sel dan jaringan dan membuat anak lebih sehat. Sebagian besar anak membutuhkan 10 hingga 11 jam tidur per malam.

Makan makanan kaya prebiotik
Kesehatan usus dan sistem kekebalan saling terkait erat. Di dalam mikrobioma usus yang sehat terdapat bakteri baik yang sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh. Karena itulah, makanan kaya prebiotik penting untuk anak. Prebiotik adalah salah satu bentuk serat yang memberi nutrisi bakteri baik di usus. Banyak sayuran dan buah yang kaya akan prebiotik, seperti daun bawang, asparagus, pisang dan apel. Beberapa susu pertumbuhan juga diperkaya FOS dan Inulin yang merupakan prebiotik untuk menjaga sistem pencernaan tetap sehat.

Sumber:
https://intermountainhealthcare.org/
https://thrivingschools.kaiserpermanente.org/