ARTICLE
CERDAS SERBA BISA

UPGRADE wawasan Moms seputar tumbuh kembang Si kecil supaya menjadi
ANAK CERDAS SERBA BISA.

Menjadi Ayah Terbaik untuk Anak Cerdas Serba Bisa

Menjadi Ayah Terbaik untuk Anak Cerdas Serba Bisa

Menjadi orang tua yang baik bukan tentang gender, namun lebih pada waktu dan usaha yang diinvestasikan. Dads dapat menjadi orang tua yang aktif dalam kehidupan anak-anak Generasi Alpha yang Cerdas Serba Bisa dengan meluangkan waktu bersama. Meskipun waktu berkualitas berharga, namun kuantitas waktu juga penting bagi anak-anak karena momen bonding dengan si Kecil membutuhkan waktu dan kehadiran Dads.

Penelitian menunjukkan ayah yang terlibat dalam pengasuhan anak memainkan peran penting dalam berbagai aspek kehidupan anak, mulai dari perkembangan kognitif, perilaku, hingga kesejahteraan mereka secara keseluruhan. Nah, siap semakin aktif dalam pengasuhan si Kecil? Berikut beberapa kiat bagi Dads untuk mengasuh si Kecil:

Prioritaskan anak saat bersama
Kunci untuk menjadi ayah yang baik, bukanlah bisa hadir di setiap kegiatan anak, tetapi memprioritaskan anak ketika sedang bersamanya. Fokuslah bermain dengan si Kecil saat bersamanya, tanpa berbagi dengan pekerjaan atau kegiatan lainnya.

Bangun keingintahuan mereka
Sejak usia 3-5 tahun, si Kecil perlu membangun rasa keingitahuannya pada dunia. Ajaklah anak berjalan-jalan di sekitar lingkungan rumah dan jawablah segala pertanyaan mereka. Dads bisa secara santai membicarakan masalah yang dilihat saat itu. Contoh, ketika melihat sampah, Dads bisa mengajak anak mengobrol apa penyebab sampah berserakan dan bagaimana kira-kira solusi untuk masalah tersebut. Cara ini akan membuat anak terlatih untuk mengidentifikasi masalah dan mencari solusinya.

Jangan kerjakan PR mereka
Pekerjaan rumah (PR) yang diberikan oleh sekolah adalah tanggung jawab anak, bukan orang tua. Jadi mengerjakan PR untuk anak, tidak akan membantu. Separuh PR yang diselesaikan oleh si Kecil akan lebih berharga daripada 100 persen yang diselesaikan oleh orang tua. Untuk itu Dads harus fokus pada pembelajaran, bukan nilai anak.

Sering-seringlah memaafkan diri sendiri
Itu adalah kunci menjadi orang tua. Dads tidak bisa hidup dalam bayang-bayang kesalahan. Bila anak terjatuh saat dalam pengawasan Dads, misalnya, ingatkan diri sendiri bahwa kesalahan itu tidak disengaja. Carilah solusi agar kejadian yang sama tidak terulang kembali.

Berikan anak nutrisi terbaik
Agar si Kecil jadi Anak Cerdas Serba Bisa memerlukan berbagai nutrisi, salah satunya prebiotik. Prebiotik adalah serat yang merangsang pertumbuhan bakteri baik dalam sistem pencernaan. Jangan lupa Dads, sistem pencernaan yang sehat sangat penting untuk membantu membangun sistem kekebalan tubuh anak yang kuat. Beberapa contoh makanan kaya prebiotik yang umumnya disukai si Kecil adalah pisang, apel, buah berry, serta susu yang diperkaya dengan prebiotik.

Selamat menjadi Ayah terbaik untuk si Kecil!

Sumber:
www.fatherly.com
https://mccrindle.com.au

ARTIKEL TERKAIT