ARTICLE CERDAS
SERBA BISA

UPGRADE wawasan Moms seputar tumbuh kembang Si kecil supaya menjadi
ANAK CERDAS SERBA BISA.

Generasi Unggul, Cerdas Serba Bisa Harus Nature Smart, Ini Stimulasinya

Generasi Unggul, Cerdas Serba Bisa Harus Nature Smart, Ini Stimulasinya

"Masa depan akan menjadi milik mereka yang cerdas terhadap alam. Semakin berteknologi tinggi, semakin alam kita butuhkan."

Kalimat bijak dari penulis bernama Richard Louv ini seakan mengingatkan kita akan pentingnya kecerdasan naturalis (nature smart) pada si kecil di era teknologi maju saat ini.

Kecerdasan naturalis merupakan salah satu dari delapan kecerdasan dari Howard Gardner. Secara sederhana, kecerdasan ini digambarkan sebagai kemampuan untuk mengapresiasi lingkungan alam di sekitarnya. Orang-orang yang nature smart, mengetahui cara mengamati alam, mengklasifikasikan unsur-unsur lingkungan (seperti hewan, tumbuhan, pengunungan, lautan, dsb), dan menggunakan pengetahuan tersebut secara produktif.

Dengan mengasah kecerdasan naturalis, maka Moms akan membantu mengembangkan keterampilan empati dan apresiasi si kecil terhadap pelestarian lingkungan. Anak juga dapat belajar keunikan lingkungan di tempat tinggal mereka dan menghargainya. Yang juga penting, mengasah kecerdasan naturalis dapat membantu anak berpikir tentang masa depan serta bagaimana mereka bisa menjadikan dunia menjadi tempat yang lebih baik. Berikut tips untuk terus mengasah kecerdasan naturalis si kecil:

Jalan-jalan keluar rumah
Moms dapat mulai dengan kegiatan sederhana, seperti mengajak si Kecil jalan-jalan keluar rumah, ke taman di dekat rumah, misalnya. Si Kecil akan keluar dari rutinitasnya dan lebih terhubung dengan lingkungan alam sekitarnya.

Belajar merawat tanaman
Ajak si Kecil belajar merawat tanaman, mulailah dengan satu tanaman dulu. Ajarkan anak tentang penyiraman, pemupukan, dan perawatan lain yang diperlukan agar tanaman tumbuh subur.

Menjaga hewan peliharaan
Hewan peliharaan adalah tanggung jawab besar. Si Kecil bisa mulai dengan anjing atau kucing. Merawat hewan akan memungkinkan anak mengembangkan rasa kasih sayang dengan memahami kebutuhan hewan dan cara memenuhinya.

Berwisata alam
Selain mengenal dan mendekatkan anak dengan alam, wisata alam akan mengajarkan anak menghargai alam dan makhluk hidup. Ajak anak mencari informasi terkait alam di sana. Ini mendorong rasa ingin tahu anak dan mengembangkan keterampilan observasi mereka.

Nah, selamat menstimulasi kecerdasan naturalis si Kecil Moms!

Sumber:
www.learningbp.com
www.connectionsacademy.com