ARTICLE
CERDAS SERBA BISA

UPGRADE wawasan Moms seputar tumbuh kembang Si kecil supaya menjadi
ANAK CERDAS SERBA BISA.

Fakta Menarik Sistem Pencernaan Anak

Fakta Menarik Sistem Pencernaan Anak

Sistem pencernaan terdiri dari banyak bagian. Sebagian besar organ-organ ini terletak di tubuh bagian tengah. Mereka bekerja sebagai sebuah tim untuk memecah makanan menjadi nutrisi. Setiap organ memiliki perannya masing-masing.

Air liur di mulut, misalnya, segera memecah makanan begitu kita mulai mengunyah. Setelah makanan ditelan dan turun ke kerongkongan menuju perut, makanan tersebut dipecah oleh asam lambung, kemudian diteruskan ke usus kecil, tempat sebagian besar pencernaan terjadi. Proses ini memakan waktu sekitar enam hingga delapan jam untuk diselesaikan.

Itu merupakan salah satu fakta menarik tentang sistem pencernaan. Masih banyak fakta menarik lainnya. Berikut di antaranya:

Mulut berfungsi seperti lemari es
Mulut bisa diibaratkan memiliki fungsi seperti lemari es atau microwave, tergantung pada makanan yang kita makan. Saat kita menikmati makanan dingin, mulut akan berfungsi sebagai microwave dengan membantu menghangatkannya. Begitu juga bila makanan panas, mulut akan berfungsi seperti lemari es untuk mendinginkannya sehingga suhunya tepat untuk tubuh.

Posisi tubuh terbalik, makanan tetap sampai ke perut
Saat kita makan, makanan tidak begitu saja jatuh ke kerongkongan dan masuk ke perut. Sebaliknya, makanan akan melalui otot-otot di esofagus yang bergerak mengerut dan mengendur seperti gelombang (disebut gerak peristaltik). Gerakan inilah yang mendorong makanan turun melalui saluran kecil dan masuk ke perut. Karena adanya gerak peristaltik, meskipun kita makan dengan posisi tubuh terbalik (kepala di bawah, kaki di atas), makanan tetap bisa sampai ke perut.

Enzim di pencernaan sama dengan enzim detergen
Detergen sering kali mengandung beberapa enzim, seperti protease, amilase, dan lipase. Nah, enzim-enzim pada detergen juga ditemukan dalam sistem pencernaan manusia. Air liur, misalnya, mengandung enzim amilase dan lipase, sedangkan lambung dan usus kecil memiliki enzim protease. Enzim ptotease berfungsi untuk memecah protein (seperti pada daging), sementara amilase memecah karbohidrat (seperti pada roti), dan lipase memecah lemak (seperti pada keju).

Lambung bukan pusat pencernaan
Kebanyakan orang berpikir lambung adalah pusat pencernaan. Lambung memang memainkan peran dalam pencernaan, namun perannya tidak sebesar usus kecil. Panjang usus kecil yang sekitar dua pertiga dari saluran pencernaan adalah tempat terjadinya sebagian besar proses kimiawi pencernaan dan penyerapan nutrisi hingga akhirnya meneruskan nutrisi ke aliran darah.

Prebiotik minimalkan masalah pencernaan
Prebiotik adalah sejenis serat tumbuhan khusus yang memberi makan mikroba di usus dan merangsang pertumbuhan bakteri baik sehingga membantu menyeimbangkan flora usus dan meminimalkan masalah pencernaan. Prebiotik ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti buah alpukat, pisang, dan sayuran kimchi. Karbohidrat ini tidak dapat dicerna oleh tubuh sehingga melewati sistem pencernaan dan berpindah ke usus besar, tempat mikroorganisme usus memfermentasi prebiotik. Ketika prebiotik dipecah, ia menghasilkan asam lemak yang meningkatkan metabolisme sehingga menyehatkan sistem pencernaan.

Sumber:
www.theschoolrun.com
www.coolkidfacts.com